Breaking News

Senin, 21 November 2016

MEMBUAT "APK: TANPA CODING

Assalmu'alaikum wr wb.
Selamat pagi semuanya.....
Saya ingin berbagi tentang apa yang baru saja saya dapatkan infonya atau ilmunya kemarin pada saat saya workshop di rumah Marta Tilaar, jalan sempor lama Gombong Kebumen. Oh iya, di Rumah Marta Tilaar ini, ternyata bisa digunakan sebagai tempat untuk memajukan apapun untuk kebaikan. Dalam sambutannya, pengelola atau yang ditugasi untuk mengurus dan mengelola RMT ini namanya mas siapa ya ? lupa saya. hehehee. Beliau mempersilahkan untuk mengadakan sebuah kegiatan apa saja yang berhubungan dengan kebaikan disegala bidang bisa menggunakan RMT ini sebagai tempatnya. Sehingga RMT merupakan rumah pencerahan bagi kita - kita. Bisa berupa workshop tentang pendidikan, pameran, lokakarya dan masih banyak laiinya. Contoh pada saat pelaksanaan workshop, di RMT juga ada yang latihan paduan suara, potographi dan bicang - bincang sejarah.
Acara workshop ini berjudul membuat quis interaktif berbasis android, dan ternyata pelaksananya atau panitianya adalah alumni smago 86 ( alumni SMA N Gombong tahun 1986 ). Kereen juga ya, alumni smago. Pembicara dari acara ini adalah bapak Wahyu Purnomo, beliau merupakan alumni samgo 86 dan sekarang beliau berdomisili di Malang. Beliau merupakan orang hebat, sehingga dia pernah bekerja sama dengan seamolec.
Langsung saja ya, beliau mengenalkan saya kepada sebuah situs yang sangat bagus buat kita ketika ingin membuat sebuah file apk, tanpa kita harus memikirkan coding atau rumus pemrogrman. Beliau mengenalkan https://www.appsgeyser.com.
Kenapa harus game untuk membuat quis ?
Dijelaskan bahwa, otak kita itu terdapat 2 buah sisi, yaitu otak kanan dan otak kiri, di mana kedua otak tersebut masing masing mempunyai fungsi dan kegunaannya sendiri sendiri. Satu otak untuk memikirkan kesenangan dunia dan satu otak memikirkan kerjaan yang serius - serius. Ketika kita bertemu dengan teman atau murid kita, tentunya akan lebih mudah mengenal wajahnya, akan tetapi sulit untuk menyebut namanya. itulah karena kita terbiasa menggunakan salah satu dari otak kita untuk berkehidupan. Nah dengan menciptakan game ini, diharapkan otak kita bekerja keduanya, baik otak kanan maupun otak kiri.
Lantas bagaimana sih cara membuat nya ?
Untuk memulai membuat game edukasi, sangatlah mudah, asal kita terjalin dengan jaringan internet, kita bisa dengan mudah membuatnya lewat appsgeyser. berikut langkah - langkahnya :
  • Ketik : www.appsgeyser.com di url.
  • Setelah muncul tampilan websitenya, klik create app yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih tab game maker setelah itu pilihlah yang puzzle.
  • Muncul tampilan untuk membuat kusi, nah untuk kali ini, saya pilih yang scratch quiz. Dimana nanti untuk memainkannya, kita menggosok gambar tersebut untuk tahu apa jawabannya, ketika semakin lebar gamabr yang dibuka, maka nilai semakin kecil.
Untuk lebih jelasnya tonton saja vidtut ini ya. Tutorial membuat apk dengan appsgeyser
Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat untuk guru Indonesia yang ingin maju bersama. Dan bagi yang ingin modul powerpointnya bisa dikases di sini Modul dan handout




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog